Thursday 18 August 2016

Waspada!!! Malware Mulai Merambah Ke Android


Apabila mendengar kata malware tentunya kita sudah merasa was-was. Nah kali ini di kabarkan bahwa malware sudah mulai merambah ke android. Simak ulasan lebih jelasnya beriut ini :


Pengguna Android harus semakin waspada karena baru-baru ini ditemukan malware yang menyebar lewat jejaring iklan milik Google, yaitu AdSense.

Malware ini disebut sebagai banking trojan Svpeng, yang dibuat untuk mencuri data-data perbankan milik korbannya. Yaitu dengan membuat sebuah laman yang berisi formulir kosong untuk diisi oleh si korban.

Malware ini ketika sudah terinstal akan menyembunyikan dirinya dari daftar aplikasi di dalam ponsel, yang membuatnya sulit terdeteksi dan dihapus, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (16/8/2016).

Selain mencuri data finansial, Svpeng juga sejumlah informasi lain dalam jumlah besar, seperti call history, SMS dan MMS, bookmark browser dan daftar kontak.

Namun itu belum seberapa parah jika dibandingkan dengan cara penyebaran malware ini. Peneliti keamanan dari Kaspersky menyebut kalau malware ini menyebar melalui jejaring iklan milik Google -- adsense -- yang sangatlah besar dan digunakan baik oleh perusahaan maupun perorangan.

Pasalnya, iklan yang berasal dari AdSense muncul di berbagai website, baik besar maupun kecil. Dari blog pribadi sampai ke situs berita internasional. Berarti penyebaran malware itu pun bisa menjadi sangat luas.

Salah satu cara agar tak terinfeksi Svpeng adalah dengan mematikan opsi menginstal aplikasi dari sumber tak jelas yang ada di dalam pengaturan Android. Opsi ini pada dasarnya memang sudah dimatikan, namun terkadang pengguna menyalakannya kembali untuk menginstal aplikasi yang tak tersedia di Play Store.

Saat ini Svpeng baru ditemukan menginfeksi pengguna Android di Rusia, karena laman formulir untuk mencuri informasi korban pun hanya tersedia secara spesifik untuk satu bank di Rusia. Namun tetap saja hal ini adalah insiden yang memalukan bagi Google, karena jejaring iklannya ditebengi untuk penyebaran malware. (asj/ash)

Serem juga ya guys, harap lebih hati-hati.

Sumber : detik.com


No comments:

Post a Comment