Sunday 14 August 2016

Makanan-Makan Ini Adalah Makanan Tersehat Di Dunia


Siapa sangka mengonsumsi makanan sehat itu ternyata mudah dan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Disadari atau tidak, ternyata cukup banyak ragam makanan yang mudah ditemui sehari-hari dan merupakan bahan makanan super terbaik bagi tubuh.
Mau tahu jenis makanana apa saja? Ini dia 10 bahan makanan  yang memberikan khasiat terbaik bagi tubuh seperti dilansir dailymail.co.uk



1.    Lemon
Hanya dengan satu buah lemon, 100 persen kebutuhan vitamin C tubuh dalam satu hari bisa terpenuhi. Karena itu, konsumsi satu buah lemon tentunya berdampak positif bagi tubuh karena dapat mendorong peningkatan kolesterol HDL baik dalam tubuh serta memperkuat tulang. Citrus flavonoid dalam lemon juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker sekaligus berperan sebagai anti inflamasi bagi tubuh.

2.    Brokoli
Satu tangkai brokoli berukuran sedang mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin K tubuh dalam satu hari. Selain itu satu buah brokoli juga mengandung hampir 200 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Kedua vitamin ini merupakan vitamin yang baik untuk menguatkan tulang. Selain itu, brokoli dalam jumlah yang sama juga dapat mencegah bertumbuhnya beberapa jenis kanker.

3.    Dark Chocolate
Hanya seperempat bagian dari 1 ons cokelat hitam atau dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, bubuk cokelat hitam yang kaya akan flavanoid dan antioksidan juga dapat menurunkan kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh dan meningkatkan level HDL yang baik bagi tubuh.

4.    Kentang
Satu kentang merah mengandung 66 mikrogram asam folat. Dengan kata lain memiliki kandungan asam folat yang hampir sama dengan satu cangkir bayam atau brokoli. Satu buah ubi (sweet potato) juga mengandung vitamin A yang dibutuhkan tubuh serta memiliki kandungan 'pelawan' kanker yang hampir delapan kali lebih kuat.

5.    Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, salmon juga kerap dapat menurunkan risiko depresi, serangan jantung dan kanker. Dalam 3 ons salmon masak, terdapat kandungan niacin sebanyak hampir 50 persen yang dibutuhkan tubuh. Kandungan niacin ini dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit Alzheimer dan penurunan daya ingat.

6.    Kenari
Mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Kenari dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol. Kandungan omega 3 pada kenari merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kacang lainnya.
Seperti halnya pada salmon, omega 3 pada kenari dapat membantu memperbaiki mood dan melawan kanker. Selain itu, kandungan tersebut mampu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh cahaya matahari.

7.    Alpukat
Buah berwarna hijau ini kaya akan lemak baik yang juga mengenyangkan. Selain itu, dalam penelitian alpukat juga terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 22 persen. Satu buah alpukat memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Selain itu satu buah alpukat juga mengandung 40 persen kebutuhan asam folat pada tubuh. Berdasarkan kandungan tersebut, alpukat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

8.    Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan terkuat dalam hal melawan penyakit karena dapat mencegah pertumbuhan bakteri, termasuk Ecoli. Selain itu, allicin dalam bawang putih juga dapat bekerja sebagai anti inflamasi tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tubuh.

9.    Bayam
Dengan kandungan lutein dan zeacanthin yang merupakan pendorong sistem kekebalan tubuh, bayam dapat menjadi antioksidan yang penting bagi tubuh, khususnya kesehatan mata. Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa di antara berbagai buah dan sayuran yang dapat melawan kanker, bayam merupakan salah satu yang paling efektif.

10. Kacang Buncis
Mengonsumsi satu porsi dari kacang-kacangan polong seperti kacang buncis, kacang kapri dan lentils empat kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Selain itu, porsi yang sama juga dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Demikian ulasan yang dapat di sampaikan. Semoga bermanfaat.

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID,


No comments:

Post a Comment