Sunday 14 August 2016

Cara Mudah membuat Blog Melalui Blogger


Sebelum kita membahas tutorial bagaimana cara membuat blog dari blogger.com, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih blog itu ? apa fungsi dari blog ? dan bagaimana sejarah blog ?

Pengertian Blog
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Sejarah Blog
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Bagaimana cara membuat blog ?

Banyak orang mengatakan bahwa membuat blog itu sangat susah. Di butuhkan skill khusus agar kita dapat membuat blog dan menjadi seorang blogger. Beberapa orang banyak yang beranggapan seperti itu dan mereka enggan untuk mencobanya. Padahal, sesuatu yang susah itu dapat kita hadapi kalau kita mempunyai tekad yang kuat dan pantang menyerah. Sesuatu yang susah akan sekedar menjadi angan-angan kalau kita tidak mau mencobanya. Jadi bagaimana guys ? apakah masih mau membiarkan hal yang mengganjal hanya sekedar menjadi angan-angan belaka ?
Blogger.com, penyedia jasa pembuatan blog yang di besut oleh perusahaan raksasa Google. Kita bias membuat blog dari blogger.com secara gratis.
Lalu bagaimana caranya bias membuat blog secara gratis ?
Nah… silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

1.    Silahkan masuk ke blogger. Karena blogger adalah anak dari google. Anda langsung bisa login menggunakan akun Gmail anda. Apabila anda belum memeiliki akun gmail, silahkan buat terlebih dahulu akun gmail nya dari Gmail.com.

2.    Setelah anda masuk ke blogger, tampilan pertama yang akan keluar akan seperti gambar di bawah ini :

3.    Langkah selanjutnya, silahkan klik tombol lanjutkan ke blogger. Dengan mengetik tombol tersebut maka anda akan secara otomatis akan di alihkan ke blogger untuk pembuatan blog.
4.    Seperti inilah tampilan blogger. Sudah ada gambaran kan guys ?


5.    Kemudian klik tombol blog baru yang tertera di tab sebelah kiri. Dan apa yang akan terjadi ? hehehhe
Seperti inilah tampilan jika anda meng-klik tombol tersebut.



Tampilan di atas adalah form daftar blog. Dan tugas anda adalah melengkapi kolo-kolom isian yang sudah di sediakan. Isi judul dan blog anda.
6.     Pada kolom alamat, silahkan isikan nama blog yang akan anda buat. Jika muncul keterangan “alamat blog ini tidka tersedia”, silahkan cari nama alamat blog yang lain. Usahakan cari nama yang unik agar nama alamat blog anda tersedia. Setelah menemukan nama yang unik dan blogger sudah menyatakan alamat blog yang anda masukan sudah tersedia, selanjutnya adalah. . .  . .
7.    Pilih template yang anda inginkan. Banyak pilihan template yang di sediakan oleh Blogger. Anda tinggal memilih template mana yang menarik dan sesuai dengan selera anda.
8.    Setelah template di pilih, silahkan klik buat blog. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :



Blog sudah berhasil di buat.  Gambar di atas adalah tampilan standar dari blog anda. Sekarang anda sudah mempunyai blog. Mudah bukan caranya ? tidak sesuai dengan kebanyakan orang katakana. Silahkan tuangkan ide-ide anda ke dalam blog anda tersebut. Dan tentunya jangan tulis artikel atau upload hal-hal lain yang di larang yaaaa. . .
Demikianlah tutorial singkat mengenai pembuatan blog. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca artikel blog ini. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membacanya.




No comments:

Post a Comment