Sunday 14 August 2016

Tips Menjaga Handphone Android Anda Supaya Lebih Awet


Apakah anda punya handphone android ? saya yakin pada jaman sekarang ini sudah hampir semua orang memilikinya, mungkin terkecuali adalah balita dan lansia ya guys. Hehehhe


Nah, jjika anda merasa handphone android anda kinerja nya sudah semakin lemot, ada baiknya anda membaca artikel ini sampai tuntas. Pada kali ini saya akan membahas apa saja yang harus di lakukan agar android kita tidak mudah emot atau lebih awet dan tahan lama. Hehhe
Yuk kita simak. . .
   1.    Hardware
Untuk layar tampilan :
1.    Gunakanlah screen protector atau plastic anti gores pada layar handphone.ini berguna agar handphone anda selalu kinclong dan msih seperi baru
2.    Jauhkanlah handphone anda dari perangkat elektronik lain yang mengandung magnet. Seperti : televise, radio, dan yang lainnya.
3.    Usahakan LCD tidak dalam keadaan kotor, jika layar handphone anda kotor bersihkan dengan memakai kain yang halus seperti tisu.
4.    Jangan menggunakan kuku untuk mengoperasikan layar sentuh anda
5.    Hindari terkena sinar matahari secara langsung dengan waktu yang lama, karena hal tersebut bisa mempengaruhi LCD anda.
6.    Usahakan tidak menekan layar anda secara berlebihan
   2.    BODY
1.    Sayangi device anda
Alangkah senangnya apabila android yang kita pergunakan selalu terlihat mulus dan kinclong. Jikan pemakaian anda tidak apik maka bias di jamin android yang anda gunakan banyak goresan pada casing.
2.    Pasang aksesoris pelindung
Android anda juga perlu mendapatkan aksesoris agar terlihat lebih menarik dan pilihlah aksesoris yang tepat dan tidak over.pilihlah aksesoris pelindung yang tahan benturan, tidak mudah rusak apabila terkena air, dan yang lainnya.
3.    Jauhkan perangkat anda dari jangkauan anak-anak
Rasa ingin tahu anak-anak sangatlah tinggi, akan tetapi mereka masih belum dapat mengerti kegunaannya. Jadi untuk menghindari resiko, lebih baik di jauhkan dari jangkauan anak-anak. Dari pada android anda di banting sama anak-anak, anda sendiri toh yang sakit. Heheh
   3.    Software
Sayangi software android anda dengan beberapa tips berikut :
1.    Control pesan anda
Biasanya tampilan di android berbentuk threads. Hal tersebut kadang membuat kita tidak sadar jika banyak text yang sudah tesimpan. Backup terlebih dahulu data yang sekiranyan kita anggap penting, backup bias di lakukan melalui akun gmail. Jadi tidak memakan memori pada perangkat. Jika backup sudah selesai hapus pesan agar memori tidak penuh.
2.    Control email anda
Menyimpan banyak pesan masuk gmail pada PC mungkin tidak terlalu berpengaruh. Tetapi jika inbox tersebut di simpan pada perangkat android kita, bisabisa perangkat bias stress karena overload. Jadi hapus inbox yang tidak perlu.
3.    Cache aplikasi
Setiap aplikasi yang terhubung ke internet biasanya ada option delete untuk chache secara otomatis. Hapus chache yang tidak penting pada android anda. Untuk aplikasi pembersi chache sudah banyak sekali di Google Playstore.
4.    Sdcard
Jika memori internal penuh dan memori eksternal anda penuh. Sudah bisa di pastikan android anda akan lemot bahkan bias sampai hang. Control sdcard anda dan bersihkan file-file sampah yang tidak di perlukan.

   4.    Komponen tambahan lainnya
1.    Beberapa komponen tambahan juga di perukan perawatan khusus, seperti sensor cahaya yang Nampak secara fisik dapat anda lakukan pembersihan dengan menggunakan kain yang halus atau tisu atu yang lainnya yang bersifat tidak merusak/kasar.
2.    Bersihkan pin konektor yang ada di android. Misalkan pin konektor batteray bias di bersihkan secara rutin dan berkala. Jangan bersihkan menggunakan cairan apapun, karena hal tersebut malah dapat berakibat merusak perangkat.
3.    Jangan terlalu ssering gonta-ganti sim card.
4.    Rawat android dari suhu yang ekstrim, Karena hal tersebut akan mengurangi kinerja android.
5.    Jangan melepas konektor plugin pada android dengan cara yang kasar. Beberapa plugin tertanam pada android, seperti : USb,HDMI, Headset, dan lain –lain.

Demikian ulasan singkat mengenai tips-tips untuk merawat/menjaga perangkat android anda supaya lebih awet.

Semoga bermanfaat guys. . .

No comments:

Post a Comment