Monday 15 August 2016

Cara Mengunggah Artikel Di Blog


masih di seputar blogger, kali ini saya akan membagikan info mengenai upload artikel di blog. Sebenernya gimana sih cara upload artikel di blog ? sebelum membahas lebih jauh tentang masalah tersebut. Mari kita simak terlebih dahulu apa sih artikel itu ?
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.
Nah dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas kan ? menjadi blogger itu tidak gampang, butuh ide –ide cemerlang untuk menulis sebuah artikel, tentunya yang di maksut di sini adalah artikel yang baik dan tidak menyinggung pihak-pihak yang lain.
Lalu bagaimana cara agar atikel kita bisa di baca atau di kenal oleh lebih banyak orang ? banyak cara unutk mem publikasikannya, salah satu nya adalah melalui blogger. Gimana tuh ?
Tidak usah bingung ya guys, berikut adalah cara untuk membuat / meng upload artikel di blog.
1.    Hal pertama yang  sudah pasti dan wajib adalah, anda harus mempunyai blog. Cara membuat blog sudah saya sampaikan sebelumnya. 

2.    Kalli ini saya menggunakan blogger, jadi akan saya sampaikan upload artikelnya dari blogger. Anda harus masuk ke blog anda terlebih daulu, setelah masuk klik tombol entri baru atau bisa juga dengan klik ikom pensil yang berada di atas pada layar monitor anda.


3.    Setelah di klik maka page editor pun muncul. Silahkan isikan judul dan artikel yang menarik agar artikel anda tidak kapok membaca artikel anda. pada tab di atas editor artikel , ada beberapa menu yang harus anda tahu. Berikut adalah beberapa fungsi dari tombol-tombol tersebut :



Font                     =  di gunakan untuk mengatur jenis huruf yang akan anda gunakan
Font size             = ini di gunakan untuk mengatur seberapa besar huruf yang akan anda gunakan
Format                 =  berfungsi untuk mengatur format huruf (heading,subheading, atau normal, dll)
B I U dan             = tentunya anda sudah mengetahui untuk fungsi ini. Ini di gunakan untuk mengatur huruf kita tebal,miring, underline , dan coretan pada huruf
Strikethrough    =.
Text color           = ini di gunakan untuk memberi warna huruf.
Text background color= agar huruf kita da background warna, maka menu ini yang di gunakan.
Link                      = ini di gunakan unutk hyperlink.
Insert image        = untuk manyisipkan gambar ke dalam artikel
Insert video         = untuk  menyisipkan video dalam artikel
Insert jump break= kalau di windows, ini sama halnya untuk page break
Aligment              = untuk mengatur paragraph. Rata kanan, rata tengah, atau rata kiri.
Number list          = untuk memberi list angka pada poin-poin kalimat/kata
Bullet list              = untuk menyisipkan list berupa symbol.
Quote                   = untuk menyisip atau menambahkan catatan penting.
Remove formatting= untuk menghapus format yang sudah kita lakukan sebelumnya.
Check spelling   = untuk mengecek kosa-kata yang kita gunakan.

Kurang lebihnya sedperti di atas lah fungsi tombol-tombol tersebut.

4.    Apabila anda kesulitan dalam menulis artikel secara langsung di blogger. Anda bisa menggunakan Windows atau Notepad unutk editingnya. Setelah selesai editing anda copy pastekan ke blogger.

5.    Setelah proses editing selesai, anda bisa meihat pratinjau terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. Klik tombol pratinjau di sudut kanan atas layar monitor anda.
Atau jika anda merasa kehabisan ide untuk menulis, anda bisa menyimpan ke dalam daft blog anda terlebih dahulu. Klik tombol simpan dan tutup. Maka artikel anda akan otomatis tersimpan pada draft.


6.    Anda juga bisa menambah kan label pada artikel yang anda buat. Misalkan anda membuat artikel tentang blogger, anda bisa membuatkan label blogger. Dll

7.    Jika anda ingin membuat link artikel anda secara permanen, anda bisa menggunakan menu permalink. Dalam permalink ada 2 jenis yaitu : otomatis dan khusus. Jika anda pilih Otomatis, maka link anda secra otomatis akan di atur oleh Google. Jika anda memilih Khusus, anda bisa menentukan seperti apa link anda tersebut.


8.    Setelah semua artikel dan proses editing sudah rampung dan anda sudah yakin ingin mempublikasikannya, silahkan anda klik menu publikasikan.  Jika akun blog anda di setting otomatis untuk publikasi di Google+, maka secara otomatis akan di publikasikan.

Selesai sudah guys, artikel anda sudah ter-upload di blogger.
Demikian artikel yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment